Sakit Telinga Saat Terbang

Sakit Telinga Saat Terbang

Sakit telinga pada saat take off dan landing seringkali dialami oleh penumpang pesawat. Anak bayi biasanya menangis karena mengalami sakit telinga pada saat take off dan landing ini. Didalam telinga terdapat katup yang membuka ke satu arah saja. Katup ini membatasi ruang telinga bagian dalam dan luar. Pada kondisi stabil dimana tekanan udara bagian dalam telinga dan bagian luar katup ini sama besar maka katup dapat bergerak bebas. Kondisi yg terjadi pada saat terbang adalah pada terjadi perbedaan tekanan udara antara ruang telinga dan udara luar sehingga katup terdesak dan menutup.

Cara mengatasi

Cara mengatasi sakit telinga ini ada dua yaitu kita melakukan gerakan menelan ( atau menelan beneran ) dan valsava manuver.

Pada jam sebelum era low cost carrier ( tiket pesawat murah) semua maskapai menyediakan permen untuk keperluan ini. Sebelum terbang biasanya  dibagi permen kita boleh mengambil sebanyak yang kita mau. Pembagikan permen ini adalah untuk memudahkan penumpang agar melakukan gerakan menelan. Pembagian permen dilakukan pada saat bersamaan dengan penjelasan mengenai keselamatan penerbangan. Di penerbangan low cost carrier tradisi ini tidak lagi dilakukan padahal harga permen tidak seberapa. Dengan menelan secara tidak sengaja ada gerakan ditelinga yg membuka katup sehingga perubahan tekanan udara akan teradaptasi. Gerakan menelan akan membuat tekanan udara diluar dan didalam telinga sama sehinga tidak terjadi rasa sakit.

Karena maskapai tidak menyediakan permen lagi maka sebaiknya kita membawa sendiri untuk keperluan ini.  Terutama kalau bepergian membawa anak kecil. Bagi mereka cara ini lebih mudah untuk dilakukan daripada cara yang kedua.

Valsava Manouver

Valsava manouver adalah gerakan menutup hidung dan mulut kemudian kita menghembus dan diarahkan agar udara menuju rongga telinga. secara teknis apa yang dilakukan adalah seperti meniup balon tetapi mulut dan hidung ditutup. Metode ini memang cukup sulit dideskripsikan sehingga mungkin hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa. Dengan cara ini maka katup telinga dipaksa untuk bergerak/ terbuka sehinga terjadi keseimbangan tekanan didalam dan diluar rongga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *