Menjaring Ikan di Pangandaran

Menjaring Ikan

Pada saat saya berjalan di pantai timur semenanjung saya melihat aktifitas yang baru bagi saya. Sekelompok orang terlihat menarik tali panjang yang menuju kearah laut. Saya sudah menduga ini pasti menarik jaring atau apapun sejenis itu untuk mencari ikan tetapi tetap belum tahu secara pasti. pangandaran.

Pemandangan tersebut membuat saya berhenti dan bertanya tanya pada orang-orang yang sedang bekerja tersebut. Ternyata mereka benar sedang menarik jaring yang dilepas dengan perahu ketengah laut. Ternyata ada cara mencari ikan yang baru saya ketahui yaitu dengan jaring yang dilepas dengan perahu dan ditarik dari darat. Panjang tali kira kira 500 meter sedangkan panjang jaring sekitar 200 meter. jaring terdiri darai beberapa jenis kerapatan dengan jaring paling ujung yang paling rapat.

Tali ditarik oleh 12 orang dengan jarak antar mereka 1.5 meter. Penarik yang paling belakang akan berpindah kedepan setelah bergerak mundur sekitar 1.5 meteran dimana posisi awal dia sudah ditempati oleh penarik didepannya. Mereka menggunakan alat semacam sabuk yang diikatkan pada tali sehinga beban penarikan dengan menggunakan pinggang.

menjaring ikan di pangandaran

Hasil

Waktu yang diperlukan dari jaring dilepas sampai mencapai pantai kita kira 30 menit lebih. Hasil yang diperoleh bervariasi katanya namun yang sempat saya lihat adalah satu ember besar. Kata mereka bahkan sering juga zong. Setelah hasil tangkapan ditaruh di ember besar maka ibu ibu dengan cekatan akan memisahkan hasil tersebut kedalam ember ember kecil berdasarkan jenisnya. Saya sempat nanya harganya, cumi cumi sekilo 70 ribu dan ongkos masak 30 ribu. Kita tinggal duduk manis didekat situ langsung menyantap ikan yang sangat segar. Tidak jauh dari situ ada restoran yang juga mneyediakan menu cumi. Satu kilo cumi seharga 130 ribu, jauh dari harga yang tadi.