Istana Setia Negara

Istana Setia Negara

Istana Setia Negara adalah bukti sejarah kerajaan Sanggau yang masih tersisa. Kerajaan Sanggau terletak di Kabupaten Sanggau merupakan sebuah kabupaten yang terletak di tepian sungai Kapuas dan masuk kedalam Propinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini merupakan kabupaten yang sudah ada sejak lama. Dalam perkembangannya wilayah kabupaten ini mengalami pemekaran. Kecamatan Sekadau sekarang sudah menjadi kabupaten sendiri yaitu Kabupaten Sekadau. Potensi yang ada di kabupaten ini adalah sumberdaya hutan dan sawit.

Lokasi

Kota Sanggau merupakan kota yang sangat bagus karena mempunyai topografi bergunung dan terletak di sepanjang kelokan Sungai Kapuas. Banyak pemukiman yang terletak di atas perbukitan dan mempunyai view ke arah sungai yang sangat bagus. Kabupaten ini dapat ditempuh melalui Pontianak lewat jalan darat dengan waktu tempuh 3 jam ( jalan sudah bagus). Atau melewati Sintang ( terdapat bandara ) dengan waktu tempuh yang hampir sama ( 3 jam). 

Istana Setia Negara terletak di kota bagian selatan. Disepanjang sungai kapuas terletak bekas bekas istana dan beberapa fasilitas pendukung seperti masjid. dibeberapa lokasi berserak banyak sekali meriam yang merupakan senjata penangkis apabila ada serangan dari arah sungai. Terdapat sebuah papan informasi yang menjelaskan keberadaan dan fungsi meriam tersebut.

istana setia negara

Disepanjang sungai Kapuas tepatnya didepan komplek istana ini kita dapat menjumpai lapak para pedagang. Para pedagang menjual aneka makanan yang buka setiap malam. Aktifitas perdagangan dimulai setelah magrib sampai malam.

Pada saat mengunjungi istana ini saya tidak menjumpai adanya loket penjualan tiket, penjaga atau petugas yang menghampiri. Sepertinya tidak kita bebas untuk mengunjungi dan tidak ada fasilitas informasinya, semoga saja saya salah karena saya datang sudah menjelang magrib. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *