Cara Naik Pesawat Terbang

Cara Naik Pesawat Terbang

Cara Naik Pesawat Terbang seringkali kita bayangkan sebagai hal yang rumit. Suatu saat kita mengalami harus naik pesawat terbang padahal belum pernah, jangan sampai kita kelihatan kampung banget atau bahkan melakukan hal yang salah (baca dilarang bercanda masalah bom). Untuk yang sudah sering naik pesawat pasti juga pernah mengalami hal ini pada saat pertama kali.

Beli Tiket

Yang pertama dilakukan adalah terutama membeli tiket. Perlu diketahui bahwa kebanyakan bandara sudah tidak memperbolehkan airline menjual tiket secara lamngsung di bandara. Pembelian tiket harus dilakukan di agen ataupun aplikasi penjualan tiket.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat membeli tiket adalah KODE BOOKING, kode ini penting untuk pengecekan tentang status tiket kita nantinya. Kita cukup menyebutkan kode ini maka data pembelian kita bisa terlacak. Data nama penumpang dan tujuan bisa sama jadi pembeda adalah kode ini. Selain kode booking juga perlu dilihat kode penerbangan, kode ini menyatakan jurusan yang akan kita tuju. Misalnya kita naik Garuda dengan kode booking GHTYHGT dan kode penerbangan GIA213.

Dangerous Good

Naik pesawat terbang berbeda dengan moda transport yang lain. Ada beberapa jenis barang dikategorikan kedalam dangerous good (barang berbahaya) dan tidka boleh dibawa naik ke kabin pesawat atau bahkan dibagasi. Barang-barang tersebut diantaranya :

Senjata

Barang mudah terbakar

Check In

Proses penerbangan dimulai dengan check in. Pada saat masuk pintu kedatangan di bandara kita tunjukkan tiket kita. Untuk e-ticket sekarang tidak usah di print, cukup tunjukkan hp anda kepada petugas. Setelah masuk kedalam ruangan carilah konter maskapai yang anda beli, terdapat display yang menyatakan konter tersebut untuk penerbangan kemana.

Setelah ketemu konter yang sesuai kita serahkan tiket dan identitas kita ( ktp atau sim). Petugas akan memberi kita boarding pass, yang merupakan dokumen kita untuk naik ke pesawat. Boarding pass memuat informasi nomor kursi dan gate di ruang tunggu. Proses checkin dilakukan kurang lebih 2 jam sebelum penerbangan. Kalau kita datang terlalu cepat ke bandara seringkali harus menunggu karena belum boleh checkin.

Boarding

Setelah pesawat siap para penumpang dipanggil untuk masuk kedalam pesawat. Jangan sakit hati karena akan ada perbedaan perlakukan sesuai dengan kelas penerbangan yang kita beli ( bisnis atau ekonomi). Kita diharuskan duduk sesuai dengan nomor kursi yang tertera di boarding pass. Kalau kursi banyak yang kosong kita boleh pindah tetapi pada saat take off dan landing harus duduk sesuai dengan kursi.

Sebelum terbang pramugari akan memberi penjelasan terkait dengan aspek keselamatan penerbangan. Disitu akan dijelaskan tata cara apabila terjadi keadaan darurat, jumlah pintu dan jendela darurat dan sebagainya.

Jangan lupa berdoa sebelum penerbangan, pada maskapai tertentu kita akan diajak berdoa bersama. Untuk penumpang yang duduk di jendela darurat akan ada tugas tambahan membantu penumpang lain pada keadaan darurat.

Terkadang pada saat terbang dan landing kita mengalami sakit telinga. Hal ini disebabkan karena perubahan tekanan udara didalam rongga telinga dan di kabin. Untuk mengatasi dapat melakukan beberapa hal ( baca mengatasi sakit telinga ).