Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam

Cagar alam adalah areal hutan yang karena biodiversitas yang ada maka diperuntukkan untuk perlindungan flora. 

Areal wisata ini terletak semenanjung pangandaran Kabupaten Pangandaran,  60 km arah selatan Kota Banjar. Waktu tempuh dari kota Banjar adalah 2 jam dengan kondisi jalan halus namun berliku.

Sejarah

Dulunya areal cagar alam ini merupakan tempat perburuan pada jaman Belanda. Pada tahun 60 an pada saat ditemukan Raflesia padma maka areal diubah statusnya menjadi Cagar Alam.

Pengelolaan

Sebagai bagian dari  kawasan konservasi maka taman wisata ini berada didalam wewenang BKSDA Ciamis. Karena BKSDA tidak boleh melakukan kegiatan bisnis maka pengelolaan taman wisata diserahkan pada Perum Perhutani. Digerbang depan kita menjumpai post jaga yang dikelola oleh Perum Perhutani. Disitu kita diwajibkan membeli tiket tanda masuk. Pada weekday harga tiket Rp 10 ribu asuransi Rp 6000 sedangkan weekend harga tiket Rp 15 ribu dan asuransi Rp 6000. 

cagar alam pangandaran
Papan Peringatan

Obyek yang dapat dilihat di lokasi ini adalah hutan alam dan pantai yang indah. Banyak spot snorkling yang dapat dikunjungi. Bahkan para pengunjung di pantau diluar taman wisata ini yang melakukan kegiatan snorkling didalam areal. Anda juga bisa melihat kegiatan nelayan ( agak jauh dari lokasi wisata) yang sedang menjaring ikan dengan cara unik. Nelayan menebarkan jaring ditengah laut dengan kapal kecil dan jaring ditarik ke pantai oleh 12 orang.