Alat Pemadam Api Ringan

Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan banyak dijual sebagai perlengkapan rumah ataupun mobil. APAR merupakan peralatan yang wajib ada didalam kendaraan dan tentu saja didalam rumah. Mengapa alat ini penting dan harus ada didalam kendaraan kita. Potensi bahaya yang ada didalam pengoperasian mesin yang menggunakan bahan bakar adalah bahaya kebakaran.

Ada banyak APAR yang dijual sebagai perlengkapan mobil mulai dari yang kecil sampai kapasitas 5 kg. Disarankan untuk melengkapi mobil kita dengan apar yang ukuran sedang ( jangan terlalu kecil).

Jenis jenis APAR ada bermacam macam diantaranya :

a) Jenis cairan (air);
b) Jenis busa;
c) Jenis tepung kering;
d) Jenis gas (hydrocarbon berhalogen dan sebagainya);

Cara penggunaan APAR biasanya disemprotkan tetapi ada juga yang cara penggunaannya dilempar dan akan meledak seperti granat. Cara penggunaan biasanya ditempel didekat alat. Kita atau karyawan perusahaan harus menguasai betul cara penggunaan alat ini. Perusahaan wajib mengadakan pelatihan bagi karyawan tentang tata cara penggunaan alat ini. Bahkan setiap tahun harus diadakan fire drill atau simulasi pemadaman kebakaran.

alat pemadam api
Alat Pemadam Lempar

Peraturan Perundangan

Untuk perusahaan terdapat peraturan yang mengatur jumlah APAR dan bagaimanan perawatannya. Peraturan tersebut adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per‐04/MEN/1980 Tentang Syarat‐Syarat Pemasangan dan Pemeliharan Alat Pemadam Api Ringan.

Didalam perusahaan juga diperlukan Ahli K3 Umum yang bertanggung jawab terhadap distribusi APAR ini di areal perusahaan. Menurut peraturan dibutuhkan sejumlah APAR untuk setiap jarak tertentu di lokasi usaha. Alat harus ditempatkan dengan ketinggian tertentu dan terjangkau oleh manusia. Apabila jumlah dan distribusi tidak sesuai peraturan maka Ahli K3 Umum tersebut harus memberikan justifikasi. Justifikasi didasarkan pada tingkat resiko bahaya yang muncul dari kegiatan perusahaan.

Pada prinsip munculnya kebakaran adalah adanya bahan bakar, ogsigen dan pematik api. Oleh karena itu kita harus mewaspadai ketiga faktor tersebut dilingkungan sekitar kita. jangan sampai kita memicu interaksi ketiga hal tersebut. Misalnya kita jangan merokok di sekitar tumpukan kayu kering atau timbunan bahan bakar.