Acar Bawang Putih

Acar Bawang Putih

Acar bawang putih sudah tidak asing ditelinga kita. Kegiatan traveling dengan moda transport apapun akan memerlukan energi dan stamina. Untuk menjaga kondisi tubuh bagi yang sering melakukan perjalanan maka disamping makanan sehat perlu suplemen. Salah satu yang bisa kita konsumsi adalah bawang putih. Konsumsi bawang secara langsung rasanya pedas dan menyebabkan bau mulut tidak enak. Ada beberapa orang yang tahan memakan secara langsung. Kebanyakan orang sekitra kita yang protes kalau kita makan bawang secara langsung.

Untuk mengatasi masalah rasa dan bau mulut maka kita dapat mengolah bawang putih menjadi acar bawang. Cara membuat acar bawang cukup mudah dengan bahan yang mudah diperoleh. Disarankan untuk menggunakan bawang putih tunggal tetapi kalau menggunakan bawang biasa juga tidak masalah.

Bahan

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat acar bawang putih cukup murah dan mudah didapat.

  1. 200 grm bawang putih tunggal
  2. 1-2 sdt garam
  3. 1-2 sdt gula pasir
  4. 3 sdm cuka makan
  5. 200 ml air

Cara Membuat

Cara membuat acar bawang putih juga cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan bapak bapak yang gak pernah ke dapur juga bisa. Peralatan yang digunakan pun hanya cukup sebilah pisau untuk mengupas bawang.

  1. Bawang putih dan dicuci bersih
  2. Masukkan kedalam toples
  3. Tambahkan garam dan aduk rata
  4. Tutup rapat biarkan meresap 
  5. Masukkan bawang kedalam air gula dan cuka tutup rapat
  6. Bawang dapat dikonsumsi setelah minimal 1-2 hari setelah bumbu meresap dengan sempurna
  7. Boleh disimpan dikulkas.

Sebaiknya proses pembuatan acar dan penyimpanan menggunakan wadah kaca. Wadah logam akan bereaksi dengan cuka yang kita gunakan. Biasanya wadah logam akan berubah warna menjadi kehitam-hitamaan. Selain aman penggunaan wadah kaca juga akan mempermudah kita melihat proses pembuatannya. Acar yang sudah jadi akan tenggelam karena air bumbu sudah meresap sempurna kedalam bawang. Terkadang bawang berubah warna menjadi agak kehijauan atau biru. Berdasarkan pengalaman saya perubahan warna tersebut tidak mempengaruhi rasa dan tetap dapat dikonsumsi.