HomePerjalananJangan Bercanda Mengenai Bom Di Areal Bandara

Bercanda Bom

Bercanda bom, mengaku membawa bom merupakan candaan yang jangan sampai anda lontarkan pada saat berada di areal bandara. Meskipun anda berdalih bercanda tetapi candaan anda akan ditanggapi serius dan berimplikasi tindakan hukum bagi anda. Anda akan dianggap melanggar Undang Undang Republik Indonesia No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Pasal yang akan dikenakan adalah pasal 344 e dan 437. Hukuman yang dikenakan adalah paling lama 1 tahun.

bercanda bom di bandara

Ancaman Hukuman

Pasal 344

Setiap orang dilarang melakukan tindakan melawan hokum (acts of unlawful interference) yang membahayakan keselamatan penerbangan dan angkutan udara berupa:

  1. menguasai secara tidak sah pesawat udara yang sedang terbang atau yang sedang di darat;
  2. menyandera orang di dalam pesawat udara atau di bandar udara;
  3. masuk ke dalam pesawat udara, daerah keamanan terbatas bandar udara, atau wilayah fasilitas aeronautika secara tidak sah;
  4. membawa senjata, barang dan peralatan berbahaya, atau bom ke dalam pesawat udara atau bandar udara tanpa izin; dan
  5. menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan.

 

Pasal 437

(1) Setiap orang menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 344 huruf e dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.

(2) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan kecelakaan atau kerugian harta benda, dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun.

(3) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan matinya orang, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun.


Comments

Jangan Bercanda Mengenai Bom Di Areal Bandara — No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *