HomePerjalananApa Yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Harimau

Harimau

Harimau, saya belum pernah ketemu binatang ini  secara langsung dan kebetulan saya males banget ketemuan. Meskipun kerjaan saya keluar masuk hutan melihat pengelolaan kawasan lindung dan satwa dilindungi. Paling pol saya ketemu jejak dan bekas bekas tempat istirahat mereka. Konflik dengan harimau adalah istilah pengelolaan satwaliar dimana terjadi overlapping tempat hidup yang membuat kita atau mereka terganggu.

 

Bagi para pekerja di hutan khususnya pulau sumatra perlu mewaspadai kemungkinan ketemu sarwa ini. Masyarakat biasa menyebut datuk  karena takutnya. Paling pol mereka menyebut si belang. Beberapa ada yang percaya bahwa kalau  satwa ini muncul berarti ada perilaku warga masyarakat yang menyalahi tatanan. Untuk hal ini saya tidak percaya. Binatang ini  muncul karena mencari makan itu saja kalau sampai wilayah penduduk berarti di hutan lagi susah nyari makan.

Untuk menghadapi harimau perlu dikenali bagaimana mereka berperilaku sehingga kita dapat menghindari konflik dengan mereka.

Deskripsi

Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dari kepala hingga ke ekor dengan berat 300 pound. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci dan berat 200 pound. Belang harimau sumatra lebih tipis daripada subspesies harimau lain. Subspesies ini juga punya lebih banyak janggut serta surai dibandingkan subspesies lain, terutama harimau jantan. Ukurannya yang kecil memudahkannya menjelajahi rimba. Terdapat selaput di sela-sela jarinya yang menjadikan mereka mampu berenang cepat. Harimau ini diketahui menyudutkan mangsanya ke air, terutama bila binatang buruan tersebut lambat berenang. Bulunya berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan.
Kucing langka ini mampu hidup di manapun, dari hutan dataran rendah sampai hutan pegunungan, dan tinggal di banyak tempat yang tak terlindungi. Makanan harimau sumatra tergantung tempat tinggalnya dan seberapa berlimpah mangsanya. Harimau sumatra merupakan hewan soliter yang berburu di malam hari.
Kucing ini mengintai mangsanya dengan sabar sebelum menyerang dari belakang atau samping. Mereka memakan apapun yang dapat ditangkap, umumnya celeng dan rusa, dan terkadang unggas,ikan, dan Orangutan. Menurut penduduk setempat harimau sumatra juga gemar makan durian.
Satwa juga mampu berenang dan memanjat pohon ketika memburu mangsa. Luas kawasan perburuan harimau Sumatera tidak diketahui dengan tepat, tetapi diperkirakan bahwa 4-5 ekor harimau Sumatera dewasa memerlukan kawasan jelajah seluas 100 kilometer.

Tanda Akan Menyerang

  1. Memberikan auman peringatan dan berpura-pura akan menerkam
  2. Telinga ditarik menempel kepala, rambut di leher dan kepala berdiri serta ekor
    menggeliat tegang.
  3. Harimau akan mempertahankan diri dan bisa menyerang bila tidak dapat
    menghindari pertemuan

 

Cara Menghindari

  1. Mengenali daerah sekitar tempat bekerja, antara lain sejarah anjing/ternak hilang atau diserang, waktu-waktu  harimau menampakkan diri dan lainnya.
  2. Menjaga kebersihan sekitar tempat tinggal dari semak belukar yang dapat menjadi tempat persembunyian harimau.
  3. Jangan membuang tubuh atau bagian tubuh hewandi sekitar pemukiman karena dapat mengundang harimau liar mendekat.
  4. Tidak mendekati mangsa hasil tangkapan yang sudah mati ataupun memindahkannya
  5. Tidak berjalan sendirian di habitatnya, disarankan tidak kurang dari 3 orang per kelompok.
  6. Disarankan tidak menggunakan kuda sebagai alat transportasi. Jika terpaksa, jangan biarkan kuda tanpa terawasi karena dapat mengundang satwa ini mendekat.
  7. Alat efektif penanggulangan saat terjadi kontak dengan satwa ini  yaitu kembang api, pistol suara dan meriam karbit.
  8. Peralatan pertahanan diri harus ada di tangan dan siap digunakan.
  9. Jika menemui jejak, tingkatkan kewaspadaan. Jangan bersembunyi atau merangkak.
  10. Sepanjang perjalanan di dalam hutan, sebaiknya selalu bercakap-cakap karena binatang ini sangat mengenali suara manusia dan memiliki kecenderungan menghindari manusia.

Pada saat tidak dapat menghindari dan kepergok, maka  hal-hal yang perlu diingat adalah:

1. Menakuti harimau dengan menyalakan handflare, memuluk logam atau kayu,
atau menembakkan pistol ke udara
2. Menirukan satwa ini  tidak akan membuat dia takut3. Jika harimau terlihat marah (dia akan mendekat, menjauh kemudian mendekat lagi),disarankan untuk memanjat pohon
4. Jika tidak ada pohon besar, disarankan jangan panik. Berjalan pelan ke belakang tanpa membelakangi
5. Tinggalkan barang bawaan satu persatu, termasuk pakaian.

 


Comments

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Harimau — 2 Comments

  1. Dulu setiap hari di persemaian hti PT RAL Unit MandiAngin..setiap hari Tim Camp melihat harimau bahkan orang2 camp memberi makanan di pagi hari kepada anak-2 harimau sayangnya saat itu kami tidak punya kamera untuk meabadikannya…dan seingat saya Induk Harimau ada di semak2 sekitar persemaian kami sambil mengamati anak-anaknya makan pagi……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *