HomePerjalananCara Berkendara di Jalan Tol

Jalan Tol

Jalan tol merupakan jalan khusus berbayar yang dimaksudkan untuk memperlancar perjalanan anda. Untuk anda yang tinggal di kota yang mempunyai jaringan jalan tol pasti sudah akrab dengan segala fasilitas dan prosedur yang ada. Untuk yang belum pernah menggunakan jalan toll pasti ada kekawatiran takut salah prosedur. Pada prinsipnya penggunaan jalan tol dikenakan biaya yang dibayarkan pada saat masuk atau pada saat keluar. Jika dibayarkan pada saat keluar maka kita akan diberi kartu pada saat masuk.

Kebanyakan pengemudi membayar toll dengan uang besar bahkan ada yang menjadikan loket tol sebagai tempat penukaran uang kecil.  Memang proses penukaran tidak secara lugas dilakukan  penukaran tetapi melalui uang besar yang dibayarkan. Sering saya jumpai sopir bis yang membayar tol dengan uang pecahan seratus ribu dan minta kembalian pecahan 20 atau 10 bahkan minta 5 ribuan.

Perlu diperhatikan  ada 3 jenis gerbang toll yang perlu anda kenali agar jangan sampai salah masuk dan merepotkan pengemudi yang lain.

Gerbang Tol Biasa

Gerbang tol biasa adalah gerbang yang biasanya, kita masuk dengan mengambil kartu atau membayar langsung pada saat masuk. Pada saat keluar kita serahkan kartu pada petugas dan kita membayar biayanya.  Untuk gate yang kita membayar pada saat masuk maka pada pintu keluar sudah tidak ada loket pembayaran lagi. JANGAN SAMPAI KARTU HILANG karena anda akan ditagih 2 kali harga ruas termahal di toll tersebut.

Gardu Tol Otomatis (GTO)

Gerbang tol otomatis ini tidak menggunakan manusia sebagai kasirnya. Pada saat kita masuk  gerbang tol  kita tempelkan kartu pada sensor maka gate akan terbuka. Kartu ini dapat juga digunakan pada gate  biasa ( yang ambil kartu). Pada gate biasa tempelkan kartu pada sensor dan jangan ambil kartu yang nongol maka pintu kan terbuka dan kartu masuk lagi kedalam mesin. Pada pintu keluar serahkan kartu ini pada petugas loket maka kartu anda akan didebet.

On Board Unit (OBU)

Gerbang ini   adalah yang paling praktis dimana dipasang peralatan didalam mobil yang akan dibaca oleh sensor di gerbang secara otomatis. Kita hanya cukup melintas saja di gerbang ini dan otomatis saldo kita akan terkurangi. Jenis gerbang ini masih sangat jarang karena masih baru diterapkan dan peralatan yang harus kita beli juga tidak murah.

Etika dan Rambu

Jalan tol biasanya terdiri atas minimal 3 jalur. Jalur paling kiri adalah untuk kendaraan besar truk dan bis. Jalur tengah untuk kendaraan standar dan jalur kanan adalah untuk mendahului. Seharusnya jalur kanan ini adalah kosong kecuali hanya untuk mendahului saja. Pada prakteknya jalur kanan juga menjadi jalur biasa saja. Jika ada berkendara di jalur tengah dan ada kendaraan didepan anda yang anda rasakan teralu lambat maka anda JANGAN memberi lampu kendaraan tersebut untuk lebih cepat. Anda cukup berpindah ke jalur kanan untuk mendahului kendaraan tersebut. Tetapi jika anda berada di jalur kanan dan ada kendaraan yang cukup lambat maka silahkan saja untuk memberi lampu agar kendaraan tersebut mempercepat.

Bahu jalan adalah space yang dicadangkan untuk keadaan darurat jangan digunakan kecuali anda mengalami keadaan darurat.  Bahu jalan ini juga digunakan apabila kendaraan anda mengalami kerusakan.

Tanda lalu lintas dikalan tol cukup jelas. Dibagian tengan jalan biasanya terdapat petunjuk jalan tersebut menuju kemana. Pintu toll yang ada didepan kita dapat kita ketahui dari urutan penulisannya. Lokasi paling atas merupakan pintu tol yang terdekat disusul yang dibawahnya. Pintu tol yang sudah dekat ( 1 km dan 500 meter) diberi tanda hijau dan tanda panah ke samping kiri. Jika anda harus keluar disarankan untuk segera mengambil jalur kekiri pada saat rambu tanda keluar di posisi 1 km.

 Rest Area

Setiap jalan tol pasti menyediakan rest area bagi pengendara untuk beristirahan, makan ataupun sholat. Rest area ini bisa sangat lengkap dan mewah tetapi juga ada yang snagat sederhana. Bagi anda yang berkendara selama 3 jam disarankan untuk beristirahat sejenak agar kondisi anda tidak membahayakan perjalanan anda dan orang lain. Rest area ini juga menyediakan berbagai macam oleh-oleh apabila anda tidak sempat berbelanja di kota yang baru saja anda kunjungi.


Comments

Cara Berkendara di Jalan Tol — No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *