HomePerjalananMenyusuri Sungai Siak Kecil

Sungai Siak Kecil

Sungai Siak Kecil. Lokasi sungai siak kecil adalah di Kabupaten Siak. Sungai ini merupakan anak sungai Siak ( yang besar).

Menyusuri Sungai Siak Kecil

Perjalanan menyusuri sungai Siak Kecil kami tempuh dengan perahu ketiting. Perahu ini cukup kecil yang hanya mampu memuat 3 penumpang dan 1 motoris saja. Kecepatan maksimal perahu 10  km per jam mungkin, sangat lambat.  Perahu ini kami sewa seharga 800 ribu rupiah dengan lama perjalanan diperkirakan 6 jam. Ternyata dalam prakteknya kami berangkat menempuh waktu 2,5 jam dan pulangnya 3,5 jam. Pulang lebih lambat karena kami melawan arus. Bahan bakar perahu cukup hemat karena saya lihat motoris perahu hanya membawa 20 liter bensin saja dan masih sisa.

giam siak kecil

Perjalaan kami dumulai dari Desa Tasik Betung. Harusnya kondisi awal ini adalah danau yang sangat indah tetapi karena sudah 2 minggu tidak ada hujan maka danau ini kering. Kami harus berjalan cukup jauh untuk mencapai alur sungai. Pada awal perjalanan perahu didayung saja dan belum berani menyalakan mesin karena banyak kayu dibawah takutnya merusak kipas perahu. Bahkan pulangnya karena air surut kami harus berjalan lebih jauh lagi dari tempat berangkat karena perahu kandas.

Perbekalan yang kami bawa dalam perjalanan adalah bensin tentu saja , snack dan makan siang nasi bungkus. Tidak ada yang mamou mengalahkan nikmatnya makan siang di pinggir sungai dnegan lauk ikan balado. mak nyus.

Perahu ketinting merupakan perahu yang sangat kecil. Sepanjang perjalanan yang dapat kami lakukan hanyalah duduk dan tidak boleh banyak bergerak karena dapat mengganggu keseimbangan kapal. jarak air dengan bibir kapal adalah sekitar 5 cm saja. Kapal kami bocor sehigga selama perjalanan harus menguras sampai 2 kali. Hasilnya setelah melakukan perjalanan selama 6 jam kami semua mengalami sakit pinggang yang parah.

Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

Sungai Siak Kecil merupakan bagian dari zona inti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil.Keseluruhan areal ini merupakan salah satu bagian area inti (core area) dari Cagar Biosfir Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB) di deklarasikan tanggal 26 Meii 2009 di Korea oleh MAB UNESCO .

Vegetasi

Vegetasi disepanjang sempadan sungai Siak Kecil cukup bagus. Didominasi oleh bintangur, nipah. Diameter pohon mencapai 40 – 50 cm dengan tinggi tajuk 5 – 10 meter. Dibeberapa spot dijumpai belukar dan ladang masyarakat. Dijumpai dua lokasi dimana hutan baru saja dibakar untukmembuat ladang.  Susah untuk menyadarkan masyarakat betapa bahanyanya membakar hutan.

Satwa

Satwa yang kami jumpai dijalan sangat banyak yang tidak dapat teridentifikasi satu persatu terutama jenis burung yang ada. jenis yang sempat teridentifikasi adalah :

  • Rangkong
  • Bangau thontong
  • Raja udang
  • Gagak
  • Walet
  • Bubut
  • Biawak
  • Kera Ekor Panjang

 

Aktifitas Masyarakat

Dijumpai beberapa desa yang ada di sepanjang perjalanan. kebanyakan masyarakat hidup dari bertani sawit, karet dan mencari ikan disungai.  mencari ikan dilakukan dengan berbagai teknik diantaranya adalah:

  • memancing
  • memasang perangkap yang disebut lucah, dijawa disebut bubu. Dijumpai dua jenis alat ini yaitu yang dibuat dari kayu berbentuk persegi dan di bungkus dengan jaring. Yang kedua adalah dibuat dari anyaman bambu atau rotan.
  • memasang jaring

Saya juga menjumpai banyak sekali jerat binatang dipasang di hamparan rawa kering. Sasaran jerat adalah burung bangai. Pada saat berangkat saya jumpai seekor burung yang terjerat  tetapi saya tidak bisa begitu saja mengganggu aktifitas tersebut. Pada saat pulang ternyata si empunya jerat belum mengambil burung tersebut dan malangnya burung tersebut sudah dicabing cabing binatang, mungkin biawak.

Masyarakat juga mencari penghasilan dengan melayani jasa transport menyewakan perahu bagi warga yang akan berpergian ke kota. Beberapa kali diperjalanan kami menjumpai rombongan yang bepergian tersebut.

Masyarakat juga memasang pagar di alur sungai untuk mengkonsentrasikan populasi ikan agar mudah diperangkap.

giam siak kecil


Comments

Menyusuri Sungai Siak Kecil — 7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *